10 Lagu Terbaik The 1975 Sepanjang Masa

Lagu Terbaik The 1975 - The 1975 seperti yang kita ketahui bersama, band asal inggris ini selama 3 tahun terakhir terus meroket namanya, popularitasnya semakin melejit berkat dua album studio mereka yang sukses menembus dominasi band-band papan atas Amerika Serikat. Band yang sangat digemari oleh remaja kekinian ini digawangi oleh empat personil sensasional yakni Matthew Healy (vokal, gitar), Adam Hann (gitar, backing vokal), George Daniel (drum), dan Ross MacDonald (bass). The 1975 berbasis di Manchester, Inggris dan sebelum meluncurkan debut album pada 2013, mereka sudah terlebih dahulu merilis 4 mini album atau EP yang ternyata cukup laris di pasar musik inggris. 

Lagu Terbaik The 1975
Lagu Terbaik The 1975

The 1975
ini unik, elegan dan berkelas. Mengapa saya sebut demikian? karena band ini memang dibentuk bukan secara kebetulan, tapi benar-benar dipersiapkan secara matang untuk kemudian meledak di tahun 2013-2017. The 1975 bisa disebut sebagai band dengan konsep album yang paling bagus, mungkin jika disejajarkan keunikan dari konsep album-album The 1975 ini mirip dengan apa yang diperlihatkan twenty one pilots di 5 tahun terakhir. Salah satu yang menjadi andalan dari The 1976 adalah artwork dan warna album yang elegan dan konsisten, di album self-tittled (2013) semua warna yang dikombinasikan secara kompak berwarna hitam, baik di artwork album maupun dekorasi panggung untuk konser. Sedangkan untuk album terbarunya yang dirilis pada tahun 2016 kemarin, corak warna yang diperlihatkan adalah Pink, hal yang sangat kontras dengan album pertama. Namun bukan sembarang Pink, melainkan banyak sekali art indah didalamnya, terutama cara mempromosikan tiap lagu dengan dekorasi yang sangat cantik di berbagai tempat menarik di Inggris.

The 1975 - Self Tittled
The 1975 - Self Tittled

Di album pertama, kesan rock masih sangat kental untuk band british ini. Namun di album keduanya, variasi musiknya jadi lebih beragam, dan beberapa lagu bahkan ada yang masuk aliran jazz seperti If I Believe You. Band ini menjadi salah satu band terbesar di tahun 2016-2017 dan banyak orang yang mensejajarkan namanya dengan Arctic Monkeys, yang juga meledak di periode sebelumnya. Kesuksesan The 1975 tak lain karena memang kualitas musiknya yang sangat mumpuni dan single-singlenya yang benar-benar mampu menjadi pembeda di tengah gempuran musik-musik beraliran EDM dan Hip Hop.

the 1975 - I like it when you sleep for you are so beautiful yet so unaware of it
The 1975 - I like it when you sleep for you are so beautiful yet so unaware of it

Berikut adalah 10 lagu terbaik The 1975 versi saya:

10. Paris

The 1975 - Paris
The 1975 - Paris
Di posisi sepuluh ada "Paris", lagu ini berada di album I Like it When You Sleep for You Are So Beautiful Yet So Unaware of It. Lagu ini mengisahkan tentang kisah cinta di Paris. Lagu ini sangat bagus, dengan perpaduan musik yang santai dan kalem. Sayangnya lagu ini belum di blow-up atau dijadikan single, tapi secara kualitas, lagu ini layak masuk dalam 10 lagu terbaik yang pernah dibuat The 1975. 

9. Sex

The 1975 - Sex
The 1975 - Sex
Ini adalah lagu yang melambungkan nama The 1975 di awal karirnya. Secara kualitas memang lagu ini bagus dan masih berirama The 1975 versi lama yakni alternative rock. Lagu ini cukup sukses di tanah british dan selalu masuk dalam setlist mereka ketika mengadakan berbagai tour di eropa, USA maupun worldwide. Lagu yang mengangkat nama The 1975 ini sangat layak untuk kamu dengarkan.

8. Love Me

The 1975 - Love Me
The 1975 - Love Me
Lagu ini unik dan sangat berkesan, di video klipnya, lagu ini merupakan bentuk kritik terhadap rekan-rekan dari Matt Healy yang memang hidup di gemerlapnya kemewahan keartisan. Dari sini Matt Healy mencoba memberitahu semua orang bahwa kesuksesannya merupakan kerja keras pribadi, tanpa embel-embel keluarga Matt Healy yang memang berasal dari keluarga bangsawan. Matt Healy sangat emosional di lagu ini dan secara irama, lagu ini juga sangat unik dan menarik. Sangat jauh berbeda bila dibandingkan lagu-lagu di album pertama, namun kesan berkelasnya bisa dirasakan di lagu ini, genre lagu ini indie-pop.

7. Somebody Else

The 1975 - Somebody Else
The 1975 - Somebody Else
Lagu ini mengisahkan tentang cinta yang selalu diselimuti dengan kecemburuan dan ketidaktenangan hati. Lagu ini sedang naik daun dan terus-menerus diputar diberbagai radio dan layanan streaming online. Secara tempo, lagu ini adalah lagu yang paling dramatis dan berirama lembut seperti lagu pop sedih lainnya. Liriknya sangat bagus dan memang layak masuk list sebagai salah satu single terbaik The 1975.

6. Settle Down

The 1975 - Settle Down
The 1975 - Settle Down
Di album self-tittled, setlist lagu ini berada diantara dua lagu paling populer The 1975 yakni Chocolate dan Girls. Secara kualitas, Settle Down jelas hanya berbeda tipis dengan dua lagu andalan The 1975 tersebut. Lagu ini juga selalu menjadi playlist favorit saya, karena memang sangat nyaman untuk didengarkan di tiap kesempatan, bahkan jika lagu ini di repeat 100 kali pun tidak akan pernah merasa bosan.

5. Girls

The 1975 - Girls
The 1975 - Girls
Tak ada yang meragukan kualitas dari lagu yang satu ini. Lagu ini terkesan simple dan sangat indah, mengisahkan tentang kehidupan kaum remaja terutama untuk gadis-gadis yang mencari cinta. Siapapun yang mendengar lagu ini pasti akan jatuh hati karena memang musiknya sangat berkualitas, dari lagu ini juga nama The 1975 semakin melambung tinggi di tahun 2013. Tak jarang banyak orang beranggapan bahwa lagu ini merupakan salah satu lagu terbaik The 1975 sepanjang masa.

4. Robbers

The 1975 - Robbers
The 1975 - Robbers
Sulit untuk tidak memutar lagu ini sehari saja. Robbers merupakan lagu dramatis terbaik di album self-tittled The 1975, lagu ini diiringi oleh musik simple dinamis khas The 1975 dan sangat cocok masuk dalam playlist favorit kamu.

3. A Change of Heart

The 1975 - A Change Of Heart
The 1975 - A Change Of Heart
Robbers v2.0, banyak orang yang menganggap bahwa lagu ini merupakan Robbers jilid II yang sangat terkenal di tahun 2013 itu. Namun, pada kenyataannya lagu ini memiliki konsep yang lebih indah ketimbang Robbers, di lagu ini Matt Healy digambarkan sebagai pribadi yang memiliki kisah cinta yang rumit. Video klip di lagu ini berupa Joker yang sedang dilanda kegalauan karena cinta. Ini adalah lagu favorit saya dan menjadi salah satu lagu yang paling sering saya diputar di tahun 2016. Irama musiknya yang lembut dan elegan menjadikan lagu ini sebagai salah satu lagu terbaik 1975 yang tak mungkin bisa ditinggalkan di tiap playlist.

2. Chocolate

The 1975 - Chocolate
The 1975 - Chocolate
Lagu terbaik The 1975, yaah! inilah lagu yang paling terkenal dari The 1975, kesan pertama saat mendengarkan lagu ini adalah "Luar Biasa". Bagaimana tidak, tiap orang yang sebelumnya tidak tahu tentang The 1975 pasti akan jatuh hati ketika mendengarkan lagu ini, kesan spesial, simple dan modern adalah penggambaran nyata untuk lagu ini. Di Spotify lagu ini sudah diputar hingga lebih dari 130 juta kali. Di Youtube dan layanan musik yang lainnya pun lagu ini selalu menjadi yang terbaik untuk urusan ranking, itulah kenapa banyak orang yang menyematkan lagu ini sebagai lagu terbaik yang pernah dirilis The 1975 selama karirnya.

1. If I Believe You

The 1975 - If I Believe You
The 1975 - If I Believe You
Saya memilih If I Believe You sebagai yang terbaik dari semua lagu The 1975. Lagu ini menurut saya layak mendapat apresiasi lebih karena sangat underrated banget. Ini satu-satunya lagu The 1975 yang memiliki irama paling berbeda, Jazz adalah genre untuk lagu ini. Tapi tidak murni jazz juga, ada perpaduan unik musik pop-indie yang menjadikan lagu ini semakin sempurna. Secara meaning, lagu ini mengisahkan tentang kehidupan seorang yang minim iman di religinya (atheis) yang ingin sekali menemukan kebenaran tentang sosok tuhan. Lagu ini juga menggambarkan tentang kehidupan rata-rata remaja di Inggris yang sangat jauh dari kata religi, dan itu menjadi sebuah kritik yang seharusnya diperbaiki oleh tiap remaja diseluruh dunia. Matt Healy atheis? tentu saja tidak, Matt adalah pribadi yang sarat akan kehidupan glamour karena berasal dari keluarga bangsawan, Lagu ini hanya penggambaran dari kehidupan saat ini saja dimana atheisme menjadi jalan hidup yang dipilih oleh sebagian orang di negara barat. Secara musik, lagu ini merupakan yang paling sempurna diantara semua lagu The 1975, dan durasinya pun cukup panjang sehingga sangat cocok untuk didengarkan ketika malam dan pagi hari.

Itulah daftar lagu terbaik The 1975 yang mungkin bisa jadi rekomendasi untuk kamu jadikan playlist pribadi, memang sangat sulit memilih 10 dari 40 lebih lagu The 1975, karena hampir setiap lagu memiliki nilai istimewa yang sulit untuk dilewatkan. Sebagai tambahan, berikut lima lagu terbaik The 1975 lainnya yang bisa masuk dalam 10 lagu terbaik diatas.

1. The Sound

The 1975 - The Sound
The 1975 - The Sound
Lagu ini merupakan simbol album kedua The 1975, menjadi single dan sukses di pasar musik. Lagu ini menjadi lagu dengan jumlah fans terbanyak setelah Chocolate, saya sendiri sangat suka lagu ini, namun atas berbagai pertimbangan saya tidak memasukan lagu ini kedalam Top 10 The 1975. Adapun jumlah listeningnya di spotify sudah lebih dari 80 juta, atau hanya kalah banyak dibanding Chocolate.

2. Heart Out

The 1975 - Heart Out
The 1975 - Heart Out
Yaah! lagu ini merupakan lagu yang sangat sayang untuk dilewatkan, Heart Out masuk dalam 5 lagu terbaik di album self-tittled The 1975 bersama Robbers, Settle Down, Chocolate dan Girls. Lagu ini memiliki konsep video klip yang unik dan lucu dan memang cocok untuk masuk dalam playlist harian kamu. 

3. Ugh!

The 1975 - Ugh!
The 1975 - Ugh!
Di album kedua The 1975, lagu ini merupakan single yang cukup sukses dan banyak diputar diberbagai radio. Ugh! memiliki kemiripan konsep dan genre dengan Love Me. Video klipnya pun hampir sama, sehingga jika kita mendengarkan Ugh! pasti akan sangat pas jika dilanjutkan dengan Love Me. Dua lagu ini seperti pasangan yang tak terpisahkan.

4. She's American

The 1975 - She's American
The 1975 - She's American
Sejatinya, lagu ini sudah dipersiapkan jauh-jauh oleh Matt Healy. Tepatnya pada tahun 2013, matt healy mengetweet penggalan lirik lagu ini. Dan memang secara konsep, lagu ini memiliki hal yang tak dapat ditinggalkan. She's American adalah satu dari 8 lagu The 1975 yang paling banyak diputar di Spotify. 

5. The City

The 1975 - The City
The 1975 - The City
Lagu ini merupakan single The 1975 di album self-tittled, meskipun peformanya tidak sebaik 5 lagu lainnya yang menjadi sangat populer di album tersebut, namun lagu ini memiliki makna yang sangat dalam. Lagu ini juga merupakan perwujudan dari konsep black and white The 1975 di album pertama. Sebelumnya, lagu ini juga sudah dirilis di EP album bersama Sex, FallingForYou, Facedown, Me, Antichrist dll. 

Itulah review lengkap mengenai Top 10 lagu The 1975 plus 5 lagu tambahan yang bisa menjadi playlist pilihan kamu. Satu hal yang pasti, The 1975 adalah band yang diprediksi menjadi yang terbesar hingga 5 tahun kedepan. Dengan kejeniusan Matt Healy dalam menciptakan lirik-lirik gemilang, serta konsep album yang tak ada duanya, The 1975 akan jadi kiblat baru di dunia musik era modern. Mungkin nantinya nama The 1975 akan sejajar dengan band british legend lainnya seperti Oasis, Arctic Monkeys, Blur, Muse, Coldplay dan The Beatles.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih