Album Fantastis Andy Black "The Shadow Side"

Siapa yang tidak kenal band rock sepopuler Black Veil Brides? yah, band tersebut merupakan perpaduan antara gaya Rock-Metal full melody klasik dan lirik-lirik ringan tapi berkesan ala band rock modern. Nah, tapi ini saya tak akan membahas tentang BVB nya karena memang mereka tak perlu diragukan lagi estetika musiknya.

Andy Black - The Shadow Side
Andy Black - The Shadow Side
Andy Black atau nama aslinya Andy Biersack alias Andy Sixx merupakan leader, jenderal sekaligus vokalis di Black Veil Brides. Namun pada tahun 2016 ini, Andy memutuskan untuk mencoba peruntungan di solo album dengan menggunakan nama "Andy Black". Nama ini sendiri sudah dipakai Andy bertahun-tahun lamanya untuk akun sosmednya seperti di Twitter, Instagram dan Facebook. Andy termasuk salah satu artis rock yang sangat populer karena memang kekuatan suara dan lagu-lagu yang diciptakannya selalu membuat para pendengarnya jatuh hati.

Keunikan lain dari Andy adalah suaranya, yah saya sendiri awalnya mengira Andy ini seorang yang besar tua dan menyeramkan. Dengan suara vokal yang sangat besar, Andy Black memiliki keunggulan absolut untuk tipe-tipe nada rendah seperti yang sering dia tampilkan di Black Veil Brides. Nyatanya Andy merupakan man singer idola para wanita karena memang tampan, muda dan fantastis. Lewat album solonya, Andy Black tetap menampilkan gaya vokal yang sama meskipun tanpa scream andalan Andy seperti pada lagu-lagu populer BVB "Knive and Pens" dan "Perfect Weapon". Di album The Shadow Side, Andy seakan menikmati sekali perannya. Musik yang dibawakan bukan lagi rock-metal ala BVB, tapi lebih ke Rock Klasik & Progressif seperti musisi rock solo terkenal lainnya yakni Billy Idol. 

Album The Shadow Side seperti mengungkapkan siapa Andy yang sebenarnya, album ini sangat fantastis jika kita lihat dari materi lagu-lagunya. Total ada 13 lagu yang berada dalam album ini yang terangkum secara manis dari urutan pertama hingga terakhir. Album yang dirilis dengan ekspektasi besar ini memang disambut dengan sangat baik diberbagai negara besar seperti UK, Meksiko, USA dan Eropa. Saya sendiri merasa sangat gembira dengan dirilisnya album ini, selain memang melebihi ekspektasi yang saya bayangkan. Album ini juga memiliki lagu-lagu yang dimana saya merasa seperti berada dalam lagu tersebut.

Ada lima lagu Andy Black yang benar-benar saya kagumi dari album ini.


1. Homecoming King

Lagu ini menceritakan tentang hidup seseorang yang tak dianggap, bahkan dicampakkan begitu saja dalam lingkungannya. Lagu ini sangat emosional karena memang lirik-liriknya begitu dramatis dan dibawakan dengan suara rendah yang saya sendiri ingin selalu ikut bernyanyi. Jika kamu juga salah satu orang yang pernah dicampakkan, maka lagu ini akan menjadi seperti apa yang kamu rasakan. Iramanya begitu indah, musiknya begitu pas. Tak salah jika lagu ini menjadi pembuka manis album sebagus ini.

2. Drown Me Out

Lagu ini mungkin salah satu lagu terbaik yang pernah diciptakan oleh Andy, lagu yang menggambarkan situasi yang sangat menyedihkan ini memiliki lirik yang begitu emosional. Andy seperti menggambarkan bahwa keadaan dilingkungannya begitu buruk, sangat menakutkan. Namun dia ingin bertahan dari banyak situasi yang tidak menguntungkan itu. Drown Me Out memiliki nada yang sangat indah dan sangat enak jika didengarkan saat kita bekerja maupun dalam perjalanan.

3. Love Was Made to Break

Lagu ini bercerita tentang kegalauan hati akibat ditinggalkan kekasih yang benar-benar dicintai. Lagu ini juga sangat memukul perasaan saya karena apa yang ada didalam lagu ini adalah gambaran tentang perasaan yang saya alami. Begitu banyak pengorbanan yang selayaknya mendapatkan hal lebih tetapi semua seperti angin yang terhempas begitu saja. Lagu ini bercerita tentang cinta yang benar-benar hancur karena situasi yang buruk. Siapapun yang mengalami hal yang terjadi dalam lagu ini tentu bisa merasakan emosional yang ada dalam lagu ini, secara syair dan nada. Lagu ini sangat mudah untuk dicerna dan begitu asyik jika kita dengarkan saat membutuhkan banyak inspirasi & menemukan kembali kenangan yang hilang.

4. Break Your Halo

Lagu ini salah satu lagu favorit saya, lirik lagu ini merupakan gambaran untuk coba bangkit dari keterpurukan. Lagu ini mencoba bercerita tentang kemandirian, dalam hal ini ketika orang yang benar-benar jatuh dan hancur memiliki semangat yang tinggi untuk kembali menemukan cahaya hidupnya tanpa harus meminta bantuan pada orang lain. lagu ini juga bercerita tentang hal yang ingin dicapai dalam hidup, bahwa adalah sebuah kesalahan jika membiarkan orang lain mampu melampui dirinya dengan dan tanpa alasan apapun. Nada dilagu ini benar-benar keren, diawali dari suara rendah hingga naik dan tercipta uraian vokal yang sangat bagus untuk didengarkan.

5. The Void

Lagu penutup, sekaligus lagu terbaik yang diciptakan oleh Andy Black di album The Shadow Side ini. Lagu ini juga diiringi oleh orkestra piano yang indah serta memiliki lirik yang kuat, syair indah dan mempunyai makna yang sangat dalam. Lagu ini coba untuk menggambarkan kekosongan hati, kesendirian dan kesepian yang benar-benar menyiksa. Judul lagu ini juga sempat saya ulas dalam bentuk artikel di posting sebelumnya disini. Saya sangat kagum bagaimana Andy menempatkan lagu ini diurutan terakhir, lagu yang sangat sempurna untuk album yang fantastis. Lagu ini pantas untuk dikenang karena memang begitu sempurna :')

Lima lagu diatas adalah lagu terbaik menurut pandangan saya pribadi, karena saya menganggap lima lagu itu memang memiliki nyawa seperti apa yang saya rasakan. Sementara jika mau obyektif, sebenarnya ada beberapa lagu yang justru lebih populer didengarkan diseluruh dunia seperti We Don't Have to Dance yang jadi single utama album ini, selain itu ada juga Stay Alive yang merupakan kolaborasi Andy dengan personil baru Blink 182 "Matt Skiba", Ribcage, Beautiful Pain, Louder Than Your Love, Broken Pieces & Put The Gun Down juga sangat indah syair serta liriknya.

Ini merupakan salah satu album terbaik di tahun 2016, sebagai pecinta musik untuk berbagai macam genre, saya sangat menyarankan semua orang untuk mendengarkan tiap lagu di album ini. Bila perlu beli versi original untuk digital dan CD/DVD nya. Apa yang ditampilkan Andy Black di album The Shadow Side ini benar-benar fantastis. Saya sendiri bisa menilai album ini dengan nilai 9.8/100. Bahkan jika dibandingkan dengan album sukses musisi lain seperti Blurryface miliki twenty one pilots, serta ANTI Rihanna, album ini masih memiliki rataan poin lebih tinggi karena memang begitu bagus secara konsep dan materinya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih