Masa Depan Blok Masela, Onshore atau Offshore?

Blok Masela - Pembahasan mengenai rencana pengembangan blok gas abadi di laut arafuru masela mengalami kebuntuan. Pemerintah sendiri hingga sekarang masih belum dapat menentukan skema terbaik untuk Blok Masela apakah akan digunakan jalur darat dengan menggunakan pipa (Onshore) atau menggunakan jalur laut FLNG (Offshore). Banyak faktor yang menjadi pertimbangan untuk menentukan salah satu diantara skema terbaik yang akan diterapkan di Blok Masela. Skema Onshore dinilai sebagai salah satu yang banyak menguntungkan, karena mampu meningkatkan kesejahteraan atas perekonomian warga sekitar masela sepanjang proyek tersebut berdiri. Sedangkan untuk proyek Offshore sendiri, banyak yang menilai bahwa skema ini lebih ekonomis dan mampu menekan pembiayaan atas pengembangan yang dilakukan oleh pemerintah maupun kontraktor masela yakni Inpex Coorporation.

Blok Masela
Blok Masela
Pemerintah sendiri terpecah menjadi dua kubu karena permasalahan Masela ini. Menteri ESDM dan SKK Migas menganggap skema Offshore lebih ideal karena memiliki banyak keunggulan secara ekonomis serta mampu meningkatkan kegiatan ekonomi untuk jalur laut masela. Pembiayaan untuk peralatannya juga dianggap lebih murah jika dibandingkan dengan skema jalur darat Onshore. Pihak selanjutnya yakni pihak Menteri Koordinator dan kemaritiman Rizal Ramli menganggap skema offshore hanya akan menguntungkan para kontraktor dan tidak memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan di wilayah masela. Untuk itu, pemerintah pun coba mengambil jalur tengah dengan menyewa konsultan dari luar negeri agar hasil kajiannya tidak membela salah satu pihak. Poten and Partners adalah pihak konsultan Blok Masela yang dipercaya untuk melakukan pengkajian terhadap dua skema yang menimbulkan kegaduhan. Namun, selain melibatkan konsultan independen, pemerintah juga melibatkan para tokoh ekonom universitas ternama seperti Faisal Basri untuk menganalisis dan memberikan suara terhadap berbagai macam kemungkinan yang terjadi di blok masela.

Pada akhirnya, keputusan final ada pada presiden joko widodo yang dipercaya bisa mengambil keputusan dengan baik sesuai dengan banyak pertimbangan yang masuk. Mengingat proyek blok masela ini sangat besar dan akan bertahan dalam waktu yang sangat lama, maka pemerintah khususnya presiden sangat hati-hati dalam menentukan keputusan yang terbaik untuk jangka panjang. Demi menghasilkan keputusan yang adil dan memihak pada kepentingan rakyat dan negara, presiden jokowi mengundang para menteri dalam rapat khusus untuk membahas putusan skema pengembangan blok masela. Seperti apakah hasilnya? Baik offshore maupun onshore memiliki keunggulan masing-masing, namun tentu ada satu diantara dua opsi itu yang paling baik untuk negeri ini. Semoga kegaduhan pengembangan blok masela segera berakhir dan kita bisa menikmati hasil alam luar biasa yang terkandung dalam bumi pertiwi Indonesia ini.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih