Senin, 22 April 2013

Puisi Pahlawan Indonesia

Share on :
Puisi Pahlawan Indonesia – Puisi merupakan sebuah karya sastra yang paling diminati ketimbang karya sastra yang lainnya. Penggunaan bahasa yang tinggi dan unik juga membuat para pecinta puisi banyak yang tertarik untuk menekuni bidang sastra yang satu ini. Dari beberapa tema puisi yang banyak kita temukan di buku dan di internet. Puisi Pahlawan merupakan salah satu jenis puisi yang sulit ditemukan. Memang biasanya puisi pahlawan ini hanya dibuat oleh seorang pakar puisi dimana mereka telah mampu memberikan sentuhan kata-kata yang penggugah semangat kita semua sebagai pembacanya. Dari beberapa pengarang puisi terkenal di Indonesia, Chairil Anwar merupakan salah satu yang paling terkenal mampu memberikan warna tersendiri pada puisi yang dibuatnya dengan perpaduan bahasa-bahasa tinggi. Beberapa karyanya juga mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi di Indonesia hingga akhirnya beliau pun dinobatkan sebagai pengarang puisi terbaik Indonesia sepanjang masa.
Puisi Pahlawan
Puisi Pahlawan
Puisi Pahlawan biasanya adalah ungkapan rasa syukur kita terhadap jasa para pahlawan yang telah mendahului kita. Para pahlawan yang rela mengorbankan nyawa untuk kita semua memang sudah sepantasnya diberikan apresiasi yang sebesar-besarnya dari kita. Oleh karena itu Puisi Pahlawan ini biasanya memiliki semangat yang berapi-api seperti layaknya semangat tinggi yang ditunjukkan oleh para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan negara indonesia ini dulu kala. Selain penuh semangat, biasanya Puisi Pahlawan juga menjadi renungan bagi kita semua pemuda generasi sekarang yang sudah mampu hidup dengan mewah tanpa adanya ketakutan untuk di jajah oleh bangsa lain seperti yang terjadi pada era tahun 45-an.

Untuk membuat puisi pahlawan ini memang sangat tidak mudah. Hal ini karena bahasa yang digunakan dalam puisi tersebut harus sesuai dengan apa yang kita rasakan selama menjadi warga negara indonesia. Selain faktor bahasa, makna yang mendalam juga harus tertanam kuat pada puisi pahlawan agar nantinya puisi yang kita buat bukan hanya sekumpulan kata belaka namun memiliki arti yang bisa kita ambil hikmahnya. Dan bagi kita yang sangat membutuhkan sebuah puisi pahlawan namun masih bingung untuk membuatnya. Maka pada posting kali ini blog Firman Way akan memberikan kumpulan contoh puisi pahlawan untuk kita semua. Berikut ini adalah kumpulan contoh puisi pahlawan tersebut yang pastinya memiliki makna yang sangat banyak untuk kita.

Pahlawan

Hai Pahlawan kami,
Kau selalu melindungi kami
Kau telah berjuang untuk kami
Dan seluruh warga-warga dan teman-teman kami
Juga negara demi kami
Seandainya itu semua
Bukan dari pengorbanan yang rela
Dan semangat para pahlawan kita
Maka negara ini akan hancur selamanya
Jadi, terimalah terima kasih kami semua


Diponegoro

Di masa pembangunan ini
tuan hidup kembali
Dan bara kagum menjadi api
Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali.
Pedang di kanan, keris di kiri
Berselempang semangat yang tak bisa mati.
MAJU
Ini barisan tak bergenderang-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu.
Sekali berarti
Sudah itu mati.
MAJU
Bagimu Negeri
Menyediakan api.
Punah di atas menghambat
Binasa di atas ditindas
Sesungguhnya jalan ajal baru tercapai
Jika hidup harus merasai
Maju
Serbu
Serang
Terjang


Kerawang Bekasi

Kenang-kenanglah kami
Menjaga Bung Karno
Menjaga Bung Hatta
Menjaga Bung Syahrir
Kami sekarang mayat
Berilah kami arti
Berjagalah terus di garsi batas pernyataan dan impian
Kenang-kenanglah kami
Yang tinggal tulang-tulang diliputi debu
Beribu kami terbaring antara Karawang-Bekasi

Itulah kumpulan Puisi Pahlawan yang paling populer dan memiliki makna yang sangat banyak untuk kita semua generasi muda bangsa indonesia. Selain mengandung berbagai pelajaran penting untuk kita, dalam puisi tersebut juga sangat banyak hal positif yang bisa kita ambil seperti mengenang semangat nenek moyang kita, kegigihan untuk memperjuangkan sebuah kemerdekaan dan kerelaan mati demi melihat kita bahagia di jaman sekarang. Memang dari semua puisi yang ada di dunia ini, sisi emosional paling tinggi tetap ada pada Puisi Pahlawan. Dan kita seharusnya perlu banyak introspeksi diri terhadap semua hal yang kita lakukan selama ini agar kedepannya dapat menjadi orang yang lebih baik untuk keluarga, bangsa dan agama.

Baca Juga Artikel Istimewa Berikut Ini :
  1. Tipe Cowok
  2. Tipe Cewek
  3. Ramalan Cinta
  4. Ramalan Jodoh
  5. Arti Mimpi
  6. Ramalan Bintang
  7. Arti Nama
  8. Puisi Sahabat
  9. Puisi Ibu
  10. Puisi Patah Hati
  11. Puisi Cinta
  12. Puisi Romantis
  13. Puisi Rindu
  14. Pantun Teka Teki
  15. Teka Teki Lucu
  16. Cerita Sedih

0 komentar :

Poskan Komentar

 
;