Jumat, 12 April 2013

Pantun Nasihat Kehidupan

Share on :
Pantun Nasihat Kehidupan – Berbicara mengenai kehidupan, tentu semua orang menginginkan jalan hidup yang lurus disertai dengan tindakan-tindakan yang bijak disetiap saatnya. Hal itu pula yang ada dalam sebuah sastra bahasa pantun berkategori Pantun Nasihat. Pantun jenis ini memang selalu berbicara tentang nasihat untuk menjadikan hidup semakin baik dan tidak menyimpang. Memang selain memiliki keindahan dalam tata bahasanya, pantun nasihat ini seringkali digunakan oleh para orang tua kepada anak-anaknya. Dan hal itu juga masih berlaku hingga sekarang dimana peranan pantun nasihat ini akan memberikan dampak yang sangat banyak bagi kita semua terutama tunas muda bangsa indonesia yang sudah selayaknya memperoleh banyak materi-materi yang bernilai positif.
Pantun Nasihat
Pantun Nasihat
Pantun Nasihat sendiri selain memiliki kandungan makna yang positif juga biasanya dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Pembuatannya yang bisa dibilang rumit ini bukan karena pemakaian katanya saja. Namun lebih ke makna isi dari pantun tersebut. Isi dari pantun nasihat ini biasanya harus berupa ajakan positif agar orang lain yang mendengarkan bisa berlaku positif sesuai dengan apa yang ada pada baris pantun. Seperti halnya pantun yang lainnya, baris pertama dan kedua pada pantun nasihat ini adalah bagian sampiran yang merupakan bahasa-bahasa pengantar yang tak memiliki makna. Sedangkan untuk bagian isi sendiri terdapat pada baris ketiga dan keempat, dimana pesan moral dari sebuah pantun tersampaikan pada baris ini.

Dengan banyaknya keterikatan pada sebuah pantun membuat karya sastra ini begitu digemari oleh setiap orang. Terutama pada pembelajaran sekolah, dimana ketika kita SD, SMP, SMA atau masuk kuliah jurusan Sastra pasti menemui salah satu kebudayaan sastra yang disebut sebagai pantun ini. memang diantara pantun yang lainnya, Pantun Nasihat adalah pantun yang paling mulia dan sudah selayaknya diperbanyak agar generasi negeri ini berisikan anak-anak berfikiran positif dan memiliki potensi SDM yang tinggi serta berperilaku ramah tamah terhadap semua orang. Memahami tentang pentingnya peranan Pantun Nasihat dalam membentuk karakteristik sesorang, maka pada kesempatan kali ini blog Firman Way akan sajikan informasi terbaru mengenai Pantun Nasihat. Dan dibawah ini adalah kumpulan contoh Pantun Nasihat yang memiliki makna yang sangat bagus.

Pinang muda dibelah dua
Anak burung mati diranggah
Dari muda sampai ke tua
Ajaran baik jangan diubah

Pohon mengkudu tumbuhnya rapat
Rapat lagi pohon jati
Kawan beribu mudah didapat
Sahabat setia payah dicari

Dua tiga kucing berlari
mana nak sama dengan kuda
jangan terlalu merendah diri
tetap bersyukur apa yg ada

Tetak buluh panjang suluh
Mari jolok sarang penyengat
Angkat doa jari sepuluh
Doa minta biar selamat

Angin teluk menyisir pantai
Hanyut rumpai di bawah titi
Biarlah buruk kain dipakai
Asal pandai mengambil hati

Tengahari pergi mengail
Dapat seekor ikan tenggiri
Jangan amalkan sikap bakhil
Akan merosak diri sendiri

Pisang manis dibuat lepat
Kulit pisang ada khasiat
Kumpul harta niat berzakat
Bina agama hidup pun berkat

Kalau bulan boleh gerhana,
Inikan pula hati manusia,
Jangan biarkan diri merana,
Panjatkan doa teruskan usaha.

Fadhilah Kamsah membeli halia
Ebby Abadi membeli laksa
Jadilah insan berhati mulia
Baik hati berbudi bahasa

Barang lama didalam perigi,
Barang baru diatas peti,
Orang yang muda kita sanjungi
Orang yang tua kita hormati

Itulah kumpulan Pantun Nasihat yang semoga saja bisa memberikan manfaat yang banyak untuk kita semua. Memang selain dengan cara-cara normal yang sering kita lakukan sehari-hari, dengan cara memberikan pantun nasihat juga akan membuat orang-orang terdekat kita bisa menjadi lebih bijak dalam bertindak dan yang terpenting adalah moral kita sebagai orang indonesia menjadi lebih baik dan sesuai dengan budaya yang selama ini kita anut.

Baca Juga Artikel Berikut Ini :
  1. Pantun Jenaka
  2. Pantun Cinta    
  3. Status Galau
  4. Pantun Lucu
  5. Status Lucu
  6. SMS Gombal
  7. SMS Lucu
  8. SMS Romantis
  9. SMS Cinta
  10. SMS Selamat Pagi
  11. Ucapan Selamat Pagi
  12. Ucapan Selamat Malam
  13. Ucapan Selamat Tidur
  14. Ucapan Selamat Ulang Tahun

0 komentar :

Poskan Komentar

 
;