Selasa, 30 April 2013

Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Share on :
Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia – Kemerdekaan suatu bangsa merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan suatu negara. Seperti halnya negara indonesia ini, kemerdekaan di Indonesia juga ditandai oleh adanya pembacaan teks proklamasi kemerdekaan yang saat itu dipimpin oleh Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno. Tanpa adanya pembacaan proklamasi tersebut, mungkin sampai saat ini negara indonesia belum secara resmi merdeka. Apalagi penjajahan yang telah dirasakan oleh rakyat indonesia telah berlangsung selama lebih dari 300 tahun. Oleh karena itulah Kemerdekaan yang telah kita dapat sekarang ini harus dijadikan sebagai pondasi awal untuk membangun sebuah negara yang maju dan besar seperti keinginan semua masyarakat di Indonesia.
Naskah Teks Proklamasi
Naskah Teks Proklamasi
Naskah Teks Proklamasi yang dibacakan oleh Ir. Soekarna pada 17 Agustus 1945 juga memberikan banyak arti pada kita semua. Selain sebuah simbol kemerdekaan, naskah yang dibacakan di depan semua orang yang hadir di Jakarta serta diperdengarkan oleh seluruh rakyat di Indonesia melalui radio memang menjadi bukti tersendiri bahwa penjajahan yang selama ini menjerat bangsa indonesia telah hilang. Hal itupun disambut secara suka cita oleh seluruh masyarakat Indonesia yang sudah bertahun-tahun hidup menderita dibawah penjajahan bangsa lain. Bagi kita yang ingin tahu seperti apa Naskah Proklamasi itu, maka blog Firman Way pada telah menyajikannya untuk kita semua. Dan berikut ini adalah Naskah Teks Proklamasi selengkapnya.

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.


Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta

Dari Naskah Proklamasi yang tertera diatas memang secara isi sangat singkat. Namun makna dari sebait teks proklamasi itu menimbulkan hal yang besar yakni sebuah kemerdekaan bangsa Indonesia ini. Dan sekarang kita bisa melihat sisi positif dari adanya pembacaan naskah proklamasi yang ternyata mengubah bangsa indonesia menjadi sebuah negara yang merdeka, berdaulat dan lepas dari penjajahan. Meskipun setelah kemerdekaan para penjajah kembali lagi ke Indonesia. Namun dengan semangat yang berapi-api, upaya perebutan kembali daerah jajahan tak terealisasi dan hingga sekarang bangsa kita merdeka serta aman dari penjajahan. Oleh karena itu sebagai salah satu bagian dari negara Indonesia ini, sudah seharusnya kita berikan kemampuan terbaik yang kita miliki untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Baca Juga Contoh-Contoh Berikut Ini :
  1. Contoh Makalah    
  2. Contoh Naskah Drama
  3. Contoh Proposal
  4. Contoh Naskah Pidato
  5. Contoh Kata Pengantar 

0 komentar :

Poskan Komentar

 
;