Sabtu, 27 April 2013

Cerpen Kehidupan Sehari-hari

Share on :
Cerpen Kehidupan Sehari-hari – Karya sastra cerpen merupakan satu dari sekian banyak jenis sastra yang sangat digemari oleh masyarakat terutama kaum remaja. Selain memiliki jalan cerita yang sangat seru, Cerpen juga terbagi atas beberapa klasifikasi yang memudahkan kita mencari cerita yang kita inginkan. Selain fungsi utamanya yang menjadi media hiburan disaat ada waktu luang, cerpen yang memiliki alur cerita bagus juga akan membuat kita larut didalamnya dan berakibat positif juga pada diri kita. Selain cerpen cinta dan cerpen humor, beberapa cerpen kehidupan juga sangat diminati karena memiliki alur cerita seperti film dimana perjalanan hidup akan terlihat disini.
Cerpen Kehidupan
Cerpen Kehidupan
Cerpen Kehidupan yang terbaik merupakan cerpen yang berasal dari sebuah pengalaman pribadi pelakunya. Meskipun begitu beberapa Cerpen Kehidupan fiktif juga sangat digemari oleh para pembacanya. Memang disatu sisi menemukan orang yang gemar membaca di Indonesia akan sangat sulit untuk usia 20 tahun keatas. Oleh karena itu, cerpen kehidupan juga menyesuaikan kebutuhan para pembacanya dimana kebanyakan adalah remaja berusia belasan tahun yang masih duduk dibangku sekolah. Selain alur cerita bagus yang dipaparkan, dalam cerpen kehidupan juga harus memiliki sisi positif yang bisa diambil hikmahnya seperti sisi edukasi, nasihat dan lain sebagainya. Hal ini selain akan membuat pembacanya sadar akan sesuatu yang baik, dengan sering mendapatkan edukasi dari sebuah cerpen juga membuat para pembacanya diharapkan menjadi orang yang berguna dilingkungannya, agama maupun negara. Bagi kita yang penasaran dengan cerpen kehidupan apa yang akan dibawakan oleh blog Firrman Way pada kesempatan kali ini. Maka berikut ini adalah cerita selengkapnya.

Janjiku Adalah Kehidupanku

Berawal dari kehidupan seorang anak biasa yang dari kampung beranjak ke kota, dia bernama danu, danu beranjak dari desa ke kota hanya untuk mencari kehidupan yang berbeda yang belum pernah ia alami… setibanya di kota dia memiliki rejeki yang bagus dia di terima bekerja menjadi karyawan lestoran, hari haripun berganti… lamanya ia bekerja akhirnya ia mendapat upah atas apa yang ia kerjakan selama ini..

Setelah danu mendapatkan uang hasil kerjanya itu… dia malah berpoya poya dengan hal-hal yang negatif. Seperti minuman minuman keras dan main perempuan… Tiba suatu saat yang berkenalan dengan seorang perempuan yang ternyata dia adalah seorang anak orang kaya, danu pun berhenti kerja dari restoran tersebut ujarnya “buat apa aku bekerja, bila aku sudah memegang uang melebihi gajihku selama sebulan”

Lama berpacarn dengan seorang anak kaya tersebut, ternyata anak oarng kaya tersebut hamil sebelum nikah ia bernama Lidya.. lidya meminta pertanggung jawaban kepada danu yang telah menghamilinya, lalu danu pun menjawab “tanggungjawab atas dasar apa, aku kan ga pernah ngapa-ngapain kamu selama ini!” dia berkata yang sebenarnya, karena danu hanya memeras harta lidya saja ia tak pernah berbuat hal yang di luar pikirannya tsb “apa km bilang? Ini kan hasil perbuatan km!” lidya memfitnahnya, karena dia malu karena di perk*sa oleh laki laki hidung belang, namun karena malunya itu lah di memfitnah danu yang menghamilinya, ujar lidya.
Danu “baik aku akan bertanggung jawab walaupun itu bukan perbuatanku. namun ingat janjiku ini aku berjanji akan menikahimu bila benar aku yang melakukannya, tapi bila bukan aku yang melakukannya aku akan mati di kehidupanmu” lidya pun merasa bergetar pada tubuhnya setelah ia mendengarkan janji danu tsb..

Tak lama kemudian anak lidya lahir… danu pun menganggapnya sebagai anaknya sendiri… mereka hidup bahagia…
Namun hari-hari pun berganti… ktika danu bepergian di merasa tak enak badan, namun ia tetap memaksakan utk pergi karena ia di suruh mertuanya untuk kerumah dengan naik motor… ternyata kehawatirannya pun menjadi nyata… ketika dia memacu kendarannya dengan cepat ternyata di arah yang berlawan ada sebuah mobil truk yang nyalip.. yang dengan sengaja menabrak danu hingga terpental jauh..

Tak lama kemudian ia berada di rumah sakit, pihak rumah sakit pun segera menelepon pihak keluarganya… tak lama kemudian istri, anak beserta mertuanya pun datang, namun tak lama setelah lama mereka sampai, danu berkata “jika kata kataku dulu menjadi nyata mungkin inilah akhir dari jawaban semuanya, aku hanya memintamu untuk menemui keluargaku yang di kampung dan memperkenalkan anak kita ini, walaupun itu tak nyata, tapi aku sudah menganggapnya sebagai anak sendiri, dan bilanglah kepada kedua orangtuaku.. aku sudah menunggu mereka di dunia yang jauh di sana!” tak lama kemudian ia pun menghembuskan nafas terakhirnya.
Inalilahi wa inalilahi ucap kedua mertuanya..” sambil menangis”. Lidya pun bercucuran air mata hingga ia menyesal atas kelakuanya tsb, dan yang lebih menyedihkan kedua orang tua lidya belum mengenal kedua oarng tua danu… karena lidya bilang kepada mereka bahwa danu hidup sebatang kara.. tapi setelah mendengar kata terahir dari danu kedua orang tua lidya pun baru mengetahui semuanya.

Hari-hari pun kembali menjadi penyesalan yang dalam bagi lidya.. di pun beranjak ke desa alm. suaminya tersebut, setelah melihat dari ktp suaminya…
Setelah sampainya lidya di desa dan bertemu kedua orang danu ia pun langsung menjelaskan semua yang telah terjadi kepad kedua orang tua danu… dan tak bisa terbendung lagi air mata dari kedua oarng danu.. karena dia selalu menanti anak semata wayangnya itu, tapi setalah ada kabar tapi malah kabar duka langsung Yang ia terima. Lalu dengan ikhlas hati mereka menerima semuanya dan beranjak ke kota bersama lidya yang membawa mobil untuk melihat tempat terakhir anaknya tersebut. “sambil memeluk cucunya (walaupun bukan cucu asli) tapi kedua orang tua danu sudah menganggap seperti cucu sendiri.

Sekian dari kisah nyata… yang mungkin akan ada di kehidupan lain.
Ingat! Jangan pernah melimpahkan kesalahanmu pada oarng lain karena bagaimanapun “sebab akubat akan terjadi sesuai dengan apa yang kita lakukan”

Cerpen Karangan: Jaja Nurjaman
 
Dari Cerpen Kehidupan diatas tentunya banyak sekali hal positif yang bisa kita dapatkan. Karena selain bermanfaat untuk diri kita, Cerpen positif seperti diatas juga akan memberikan motivasi lebih pada diri kita agar lebih memiliki semangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Karena dalam kenyataannya, hidup ini selalu menyajikan banyak hal yang tak kita duga. Salah satunya adalah cobaan disaat kita merasakan bahagia, hal-hal seperti itu biasanya pernah kita alami dan membuat kita merasa jatuh. Oleh karena itulah Cerpen Kehidupan diatas disajikan. Selain menyajikan sisi hiburan, sisi pendidikan dan motivasi hidup juga bisa kita dapatkan.

Baca Juga Cerpen Menarik Dibawah Ini :
  1. Cerpen Islami
  2. Cerpen Patah Hati
  3. Cerpen Nasihat
  4. Cerpen Pengorbanan
  5. Cerpen Pendidikan
  6. Cerpen Romantis
  7. Cerpen Sedih
  8. Cerpen Motivasi
  9. Cerpen Persahabatan
  10. Cerpen Lucu
  11. Cerpen Cinta

0 komentar :

Poskan Komentar

 
;