Rabu, 20 Februari 2013

Contoh Surat Resmi yang Baik dan Benar

Share on :
Contoh Surat Resmi yang Baik dan Benar – Di era modern seperti sekarang ini, surat memang masih menjadi hal yang sangat penting terutama bagi instansi perusahaan maupun perusahaan. Meskipun pada kenyataanya sekarang ini penggunaan teknologi modern memperkecil ruang gerak surat fisik. Namun sebagai bukti formalitas yang paling baik dan dianggap sopan oleh sebagian besar masyarakat. Surat masih menjadi hal yang sangat penting. Surat Resmi memang salah satu jenis surat yang biasanya dipakai untuk perjanjian kerja, hubungan antar perusahaan, hubungan antar instansi pemerintahan seperti sekolah, kampus dan kelurahan, serta banyak lagi manfaat yang bisa digunakan oleh Surat Resmi pada saat sekarang ini. Biasanya surat resmi ini memang ditulis dengan metode ketikan komputer atau mesin ketik agar hasilnya rapi dan sesuai ketentuan.
Contoh Surat Resmi
Contoh Surat Resmi
Contoh Surat Resmi merupakan salah satu hal yang teramat kita butuhkan saat kita akan membuat sebuah program maupun rencana namun memperlibatkan instansi atau perusahaan lain. Seperti saat pihak organisasi suatu perusahaan ingin mengundang pertemuan dan rapat dengan berbagai perusahaan lain. Pastinya surat resmi dengan topik tertentu ini akan sangat bermanfaat bagi si penerima surat tersebut. Begitupun dengan instansi sekolah, meskipun hanya pemberitahuan surat dari pihak sekolah ke orang tua, namun agar semuanya terlihat lebih resmi dan formal. Maka penggunaan surat resmi yang baik dan benar akan menjadi sebuah hal yang sangat penting.

Memahami banyaknya orang yang membutuhkan Surat Resmi ini, maka pada kesempatan yang baik ini blig Firman Way ingin memberikan sebuah Contoh Surat Resmi yang memang memiliki gaya penulisan yang sangat resmi dan lengkap. Dengan memahami berbagai komponen penting dalam surat resmi seperti tanggal surat, kepala surat, tujuan surat, isi surat dan penutup. Kita tentunya akan bisa membuat Surat Resmi yang mungkin akan dperlukan untuk berbagai macam kegiatan. Oleh karena itu berikut ini adalah Contoh penulisan yang baik dan benar untuk Surat Resmi yang pada pembahasan kali ini adalah Surat Resmi di Instansi sekolahan :

SMA Negeri 2 Brebes
Jalan Jend. A. Yani no.77 Brebes
No. Telp. (0283) 2102001


No              : 12 / SMA 2 Brebes/ 01/ 2012 3                                        Brebes,  9 Maret 2013
Lampiran      : -
Perihal          : Undangan

Yth.
Orang tua/Wali siswa-siswi kelas XII
SMA Negeri 2 Brebes

Dengan hormat,
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa siswi SMA 2 Brebes Khususnya kelas XII. Maka pada surat kali ini kami selaku badan pendidikan sekolah kami tercinta, bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi baik IPS maupun IPA di luar sekolah. Adapun acara tersebut akan kami laksanakan pada :

Hari, tanggal : Senin, 11 Maret 2013
Pukul             : 08.00 s.d. 15.00
Tempat          : Taman Wisata Gunung Guci
                        Bumiayu, Brebes
Acara            :  Penelitian Tumbuhan Langka

Dengan undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian bapak ibu, kami ucapkan terima kasih.

                                                                                             Brebes, 9 Maret 2013
                                                                                                                                                                            Kepala Sekolah

                                                                                                                                                                                   SMA N 2 Brebes
                                                                                                                                                                                                    Ttd 

                                                                                                                                                                                      Stankovic, M.Pd


Dari informasi yang kami sajikan diatas mengenai Contoh Surat Resmi, maka kita bisa melihat secara detail dari struktur maupun gaya penulisan dalam Surat Resmi tersebut. Untuk bisa disesuaikan dengan kepentingan anda, maka bisa anda rubah isi dari surat resmi tersebut, namun yang jelas untuk struktur penulisan yang benar adalah seperti yang kami berikan diatas. Semoga dengan adanya informasi mengenai Contoh Surat Resmi ini kita senantiasa bisa selalu bertindak profesional dalam segala hal, termasuk untuk kepentingan yang melibatkan individu lainnya. Menggunakan surat resmi secara baik dan benar juga akan membuat kita dan penerima surat akan puas akan informasi yang ada dalam surat tersebut.

Kumpulan Contoh Surat Lainnya :
  1. Contoh CV
  2. Contoh Surat Izin Cuti Kerja
  3. Contoh Surat Lamaran Kerja
  4. Contoh Surat Pengunduran Diri
  5. Contoh Surat Kuasa

0 komentar :

Poskan Komentar

 
;